Wong Jowo

Ki Sampar Angin
Seri wejangan Jawa

wong jowo=wong ngerti!
Sejatine wong jowo=Wong jowo ora apek ugo ora olo, apik isoh olo yo pinter, wong jowo ora alus ugo ora kasar, alus pinter kasar turah iso, wong jowo jireh ora, wani yo ora, jireh isoh wani yo turah kendel, wong jowo elek diomong elek apik diomong apek ora ono ilmu2ne padi ki gone wong jowo,

WONG JOWO ORA NYEMBAH ORA DISEMBAH ORA SUJUD UGO ORA DISUJUDTI..

coba tanya diri kalian pribadi,taukah kalian itu sebenarnya wong jowo itu yg gimana..? ada dplanet bumi jaman apa..? apa cuma dugaan pribadi... jika memang tahu betul, monggo ..
Mungkin sudah tak terhitung yang dinyata telah kudatangi dan kutanya yg perkataanya sok tau wong jowo, tapi saat ku tanya yg mana wong jowo itu ?..dan kapan pernah ada dibumi ini,?..tak ada yg bisa jawab, sungguh kasihan hanya demi diakui dia menipu dirinya sendiri..

orang-orang jawi/sebrang  datang mengajarkan budi,welas asih,ilmu padi.. apakah ini yg kalian anggap wong jowo,?..jangan bodoh merrka mengajarkan itu biar kita menjadi budak..yg tdk bisa berdiri sendiri,tdk begitu wong jowo itu!!..ilmunya ilmu kelapa bukan padi!...yang diajarkan KESADARAN, beranilah bilang aku wong jowo bukan wong jawi...!

Megat Ruh
Pupute puser = Hukum siapa kita harus berbuat baek,aturan siapa kita harus berbuat jahat..? Untungnya apa berbuat baek,ruginya apa berbuat jahat..?    Bisalah tidak terikat dengan kebaikan atau pun kejahatan,jngan juga bimbang berada diantara kebaikan dan kejahatan,jowo lan jawanilah kpan baek kpn jahat kpn berada diantara baik dan jahat,itulah yg disbt berdirinya pupute puser,wong jowo,bisa baik,bsa jahat bisa diantara baek dan jahat tp tidak berada diantara ketiga itu..

GIRISA
WONG JOWO itu ;Wong ngerti dia bukan suatu suku ataupun kaum,hilangkan dan tinggalkan kata2 suku,sbb itu pemecah persatuan dan kesatuan.. suku jawa itu tk ada,ada nya kata suku jawa itu baru kemarin dibuat biar nusantara terpecah belah..😂

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KITAB SEMAR

Sang Hyang dan Dewa

KITAB SASTROCHETHO WADININGRAT