KITAB SANGKAN PARAN

Ajaran Sangkan Paran
oleh Pupute Puser Pancer

Adalah kitab yang membahas tentang perjalanan mahkluk hidup terutama manusia.
Di jaman shang yhang awalnya hanya dinamai SANGKAN PARAN ,tanpa kata DUMADI.

Tergantung sampai dimana kemampuanya melakukan evolusi;
1.Ada yang hanya mampu sampai sangkan paranetitah,
2.Ada yang mampu sampai sangkan parane titah kang tumitah,
3.Bahkan sudah sampai pada sangkan parane jagat katon dan sebagainya,

Hingga akhirnya dijaman shang yhang tunjung putih ajaran di rangkum menjadi SANGKAN PARANE DUMADI yang dikenal hingga sekarang ini.
Ajaran ini di bahas dalam 4 bab;

BAB 1*.Disebut ingsun siro
URIP SAKJERONING MATI,

Urep sak jeroning mati = plajaran urep sak jeroning mati berada di NAFAS kita,saat nafas BERHENTI itulah yg disebuturep sak jeroning mati,manusia blum bisa mengerti hidup jika dia masih terikat dengan udara,saat NAFAS BERHENTI kamu akan tahu;
yg disebut JIWA yg disebutKABUKANING WARONGKO
yg disebutKLAMPIS IRENG yg disebut GURU SEJATI yg disebut Ingsune AKU yg disebut MAYONGKO SETO dan lain-lain itulah urep sak jeroning mati.
buat orang yg lagi belajar/pemula jangan lebih dari 6 jam dulu karena jka lebih dari itu takutnya banyak organ tubuh yg rusak..Namun sangat disayangkan baru dibab 1 ini dijaman sekarang sudah disebut ;ketuhanan,makrifat dll PADAHAL itu baru JIWA baru KEBATINAN Dan masih jauh buat sampai ke ketuhanan,makrifat,kasumanan,jadi pelan2 mengartikan,melajari dan menguasai biar semua bisa diperbaiki.

BAB 2*.Disebut ingsun aku
MATI SAKJERONING URIP

Pelajaran mati sak jeroning urip berada di DARAH,dimana sebelum kita menghentikan detak jatung dan nafas, kita harus melindungi darah supaya TIDAK BEKU,
sbb bukan nafas putus apa jantung berhenti berdetak yg membuat talineng urip/nyawa putus tp sbb darah beku yg memutus tali urip,jadi kesimpulannya;
mati sak jeroning urip ialah BERHENTINYA NAFAS dan JANTUNG tp JANGAN sampe DARAH menjadi BEKU
Bagi pemula belajar dari satu jam baru kian hari ditambah jamnya jangan dipaksakan sebab bisa membuat pembuluh darah pecah dan gagal saraf,inilah yg diajaran2 disebut mateni roso jati lan sek dunungi/ingsun.

BAB 3*.
MANUNGGALING SEJATINING TUNGGAL...

BAB 4*.
JUMENENG KLAWAN PYAMBAK...

(Giri Palguno Jati)

                                         ★★★★★


ULASAN ;
★Giri,
ada ajaran manunggaling sejatine tunggal,yg tingkat terakhir membawa kejumeneng klawan pribadi,ora aran ora ngarani,ilang kawulo/alam semesta lan gusti, iyo iku jati,jatining tunggal...

★Kuncung Sampar Angin
Membuka kesadaran = saat kau dlm kandungan ibumu,kutumpangi dirimu dengan,makhluk hidup,materi dan energi yg bukan dri dirim,banyak nama dan gelar mrka,ada roh idolfi,ada prabu satmoto,ada guru sejati, ada mayonggo seto,kresno,dan banyak lgi ceraikan semua dri dirimu itulah jalan menuju jati jatining tunggal..

★Giri Kusumo
pelajari dari awal,dari dasar2 lgi,biar tk salah dan menduga2,lebih baek memulai dari awl dari pada meneruskan perjlanan dlm keadaan bingung dan sudah kesasar.,

kerohanian tentu bukan ketuhanan,sbb kerohanian baru tingkat kebatinan,jka ada nama roh idolfi,roh kudus dllnya tentu hal itu msh kebatinan bukan hal ketuhanan,dari sini saja sudah ketahuan kebodohan2 orang yg menyembah roh idolfi bahwa itu sudah hal tuhan...?

kejiwaan tentu juga bukan ketuhanan mau siroso jati lihat ujudnya jiwa sendiri,mau kebukaking kijab itu tetap baru hal kebatinan,msh jauh buat tau hal ketuhanan.,
pantaskah roh idolfi atau roh apa saja,kau sbt tuhan..? pantaskah jiwa diri sendiri apa jiwa dari luar kau sbt tuhan..?

dari mna kamu tau itu bentuk kekuasaan tuhan yg maha wingit,jka seperti itu yg kau katakan bukankan kau sudah menebak2 dan mengira2 kang moho wingit/gusti...
untuk apa gusti kau dekati,apa untungnya dekat dengan gusti..?  berhentilah berangan2 dan  menebar bibit2 khayalan...

★Giri
dengan kau memahami udara akan cpat kau mendapatkan kedewasaanmu,yg tdk seperti sedikit2 tuhan,hanya karena kau tk bisa,tk mampu,dan tk tau semua dibenturkan dengan kt tuhan..

Tujuan rogo ono nang donyo ben isoh urep duwe kuwoso go gayuh kelestariane.. ben gk bingung sek dmksd udara isoho urep gk ambekan... kan wes jelas leluhur wong jowo..
makhluk yg numpang diragamu juga tergantung sama udara,kamu bisa mengendalikan udara otomatis makhluk yg nnumpang diragamu bsa kamu kendalikan,ajaran lain tdk mengajarkan tentang makhluk2 yg numpang diraga,mrka mengajarkan olah roso,yg blajar jdi tk tau roso yg dari makhluk yg numpang sama roso dari raga sendiri gmna bedanya..?

selama kalian blum bisa tinggalkan wirid2 dan mantra2 kalian akan kesusahan buat tdk terikat sama udara,salah satunya sbb mikro yg merubah hara jdi 02 dlm tubuhmu akan susah kau kendalikan dllnya..

★Giri Palguno Jati
belajari pelan2,jngan mudah menyimpulkan,plajari dari dasar biar apa yg kalian pahami bisa buat nerangi,plajari dari raga jasmani mna yg menumpang diraga jasmanimu mna raga jasmanimu yg asli.,?

Untuk Diskusi dan Pertanyaan Klik Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KITAB SEMAR

Sang Hyang dan Dewa

KITAB SASTROCHETHO WADININGRAT