Untuk Apa Kita Di Dunia?

Pangestu Ibu
Seri Wejangan jawa
Kumambange watu item
Sadaro setitah= Buat apa kamu ada didunia ini,mãŰ cari teman,saudara,ataukah harta apa yg laennya..? Jika aku yg ditanya seperti itu akan kujawab aku ada didunia ini buat membayar hutang2ku dikehidupan kemarin,ketahuilah sehebat apapun dia sebelum dpt melunasi hutang2nya jangan pernah tinggalkan dunia ini,bisalah setiap aliran darahmu buat membayar hutang,
tak peduli lewat mana,mãŰ lewat nyata,maya ataupun gaib lakukanlah!!,.  hanya orang2 bodoh yg berpikiran orang yg sudah tercerahkan harus meninggalkan dunia,pahamilah meski dia tercerahkan hutang2 masih harus dibayar.!

★Pangestu Ibu
Buat apa teman,saudara,harta dllnya jika hanya menambah hutang,buat apa juga budi luhur,andap asor,sopan santun jika hanya menambah hutang,jika kalian disuruh memilih dibilang orang tak baek tapi bisa melunasi hutang apa dibilang orang baek tp hutang bertambah.,?
Kemarin sudah ku terangkan apa itu jati diri,yaitu siapa kamu,bagaimana kamu sebelum hidup yg sekarang ini...
ini hanya diketahui orang2 yg menguasai kesadaran bukan orang2 yg eling lan waspodo..

"jika belum bisa nguasai kesadaran berbaktilah sama ibumu,dengan cara menggunakan dan merawat ciptaan ibumu dengan baek2 ,makanya diajarkan moco rogo,olah rogo,momong rogo.."

Bab kenapa ada agama,agama itu dari budaya dari tradisi2,yg dilahirkan oleh akal/budi..jadi agama,budaya buat dipelajari bukan buat diyakini.
jangan percaya sbb dari kitap suci,jngan percaya sbb dari tradisi,jangan percaya karena orang2 suci/guru tp percayalah setelah mengalami,
Pengen ngerteni urip sak durunge sak iki sopo lan kepiye kudu mateni roso jati lan sek dunungi,iki wes dasar dadi arepo koyo opo jeroning roso jatining uwong yo gk bakal reti jati dirine yen iku ora dipateni..
diajaran sekarang jatidiri ialah kebukake kijab,siroso jati deleng ujudte jiwone dewe,sudah dibilang itulah jati diri,itu tk tepat,sbb tetap belum sanggup mengetahui kehidupan2mu sebelum kehidupan sekarang ini,ajaran ini masih susah buat diterima sama yg hobi wirid2,mengandalkan olah roso tapi dengan bertambahnya kedewasaan, mereka akan paham juga...
Disinilah kenapa ajaran wong jowo ora ngajarke budi luhur,andap asor,sopan santun ,sbb ajarane ora apek ugo ura elek,apek isoh elek turah pinter,sek intine iku kabeh go nyaur utang,gae opo ngormati lan dihormati yen muk nambah utang..?
gae opo kowe nyembah lan sujud yen muk gae nambah utang,gae opo ugo kowe disembah lan disujuti yen ugo muk nambah utang,makane wong jowo ora nyembah ora disembah,ora sujud ora disujudti...!
Kemana setelah kita?,setelah hutang kita lunas..? ,tentu saja masih melanjutkan hidup  ketingkat berikutnya, dahulu aku sudah pernah menerangkan planet bumi,matahari dllnya sebenarnya itu suatu bayangan dari sesuatu diatasya,begitu juga bumi,matahari dllnya mempunyai bayangan yg memiliki kehidupan.,.
itulah yg disbt diatas kukuatan raga jasmani ,itulah yg dimaksud gaib,sebenarnya mudah menerangkan tp susah buat dijangkau,jika kita turun tingkatan akan hidup dibawah jagat gumelar ini,dibayangan entah,bumi,matahari,bulan dllnya,jika naik tingkatan ke yg menjadikan bumi,matahari dllnya,makanya diatas aku bilang apa ruginya jdi hewan toh hewan msh bisa jdi manusia,dewa dllnya,jangan sampe jatuh kebayangan itu yg diupayakan...

★Megat Ruh
PITUTURE SIMBAH = LE..
"Jangan pernah meninggalkan dunia ini tanpa tahu tujuanmu,kemana,bersama siapa,dan gimana kehidupan disana,yg lebih penting jangan sampai meninggalkan dunia tanpa memiliki kuasa",

jangan seperti bajul2 putih meninggalkan dunia tk tau gimana kehidupan disana,bersama siapa semua dibawah kekuasan alloh swt,tidak pada punya kuasa sendiri2,
Apa bedanya mereka dengan pengikut penyembah pesugihan?,setelah mati semua dikendalikan sama yg disembahi.. Jangan seperti itu sbb bukan begitu sebenarnya memainkan raga dan menggunakan hidup...
Mengggunakan hidup salah satunya jangan terikat tapi bisa mengikat.. coba tanyailah dirimu dulu, mau kemana dengan siapa dan gmna khdpanmu setelah dunia ini?.. silahkan renungkan dan jawablah!
Apakah setelah kehidupan didunia ini,kalian masih mau berumah tangga..? apakah msh mau kerja..? apakah msh butuh makan dan minum..? semua direnungkan kembali,apakah ajaran2 yg selama ini kalian ikuti bisa mengasih tau jawaban itu..?
apakah kalian mau nasib kalian ditentukan alloh swt apa berholo2..?
kenapa kau memilih mati,emang hukum siapa yg mengharuskan mati..?
masih jutaan bakteri2 yg sanggup membuatmu hidup ratusan tahun bahkan jutaan tahun,kenapa tak kau cari itu buat batu loncatan... bukahkah ilmuwaan sudah ada yg jual juga..?seperti apa saja ada dan membawa efek berbeda2 jika tubuhmu tak kuat,seperti anak kecil di imunisasi akan membawa efek demam atau yg lainya jika tak kuat..
aku beri nama bakteri pancasona air(bakteri membuat hidup)..
Tua yg dimksd itu krna umur banyak,apakah krna kriput ?
adakah hidup itu mati ..? setauku adanya hidup punya kuasa dan hidup tk punya kuasa..
minyak bintang yg nomor satu mengandung bakeri2 purba,yg bisa buat menyembuhkan luka bahkan menghidupkan orang mati jika asli,namanya bakteri pasti ada risikonya.. Jika aku tk salah disana dsbt gunung kelam,aku kesana dulu cari anggrek hitam,sma mawar hitam..
apa jika kalimantan kejauhan,datangi saja gunung galunggung,itu ada satu kampung yg umurnya ribuan tahun yg dikenal dengan sebuan sicebol dari galunggung

Sadaro setitah=tanyalah dirimu sendiri  setelah dikehidupanmu di planet bumi ini mãŰ hidup dimana kamu?,kehidupan yg gimana yg kamu inginkan..? Saat kau menjawab hidup dialam tuhan kehidupan bersama tuhan sbb asal dari tuhan kembali ketuhan, ini jwban orang yg tk punya tujuan hidup,hidup didiplanet bumi yg sia2 tak tahu tujuanya kemana hanya ikut kertas2 sampah,seperti cita2 mãu jadi dokter,ikut semua jadi dokter..  Monggo oret2 seperti apa dan dimana kehidupan yg kalian inginkan setelah diplanet bumi ini...?

★Seri E S
Sadaro setitah = Seperti apa,dimana dan gimana yg kalian inginkan setelah kehidupan didunia ini..?   Tentukanlah oleh diri kalian sendiri,jngan mau ditentukan oleh orang lain,bahkan tuhan,alloh,gusti sekalipun,bisalah jumeneng klawan piyambak.. Jangan mau setelah kehidupan dunia ini menjadi budak orang laen,meskipun budaknya tuhan,alloh ataupun gusti..

[2/3/2026  14.58] 
Kang Giri: 
Saya lihat masih banyak yang gak paham, saat saya mengajarkan, harta itu hanya alat..  coba pada terangkan sejauh mana kalian paham kalimat itu lur..????
Pahami ini baik2 lur...
 95% orang memandang harta itu adalah hasil, hanya 2% yg memandang harta itu alat, 2% lagi itu titipan 1%nya lain2... kalian masih masuk dalam memandang harta itu adalah hasil...
Jika kalian masih memandang harta itu hasil, susah kalian akan menemukan jatidiri sendiri, susah kalian akan menjadikan bahwa" Diri Sendiri itulah harta yang sejati.."

Kakekku pernah berpesan padaku..    "JANGAN KARNA HARTA KAMU DIHARGAI DAN DIHORMATI, BISALAH KAMU MENJADI BERHARGA SEBAB MEMILIKI KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN,  SEHINGGA KAMU MENJADI HARTA YANG PADA DI INGINI..."

 Dari petuah inilah dahulu aku mulai memandang harta itu hanya alat, untuk mendukungku memiliki kemampuan dan keahlian2...

Ini contoh ya lur = saat anakmu minta, pak gambarkan kucing, gajah atau harimau.. kalau kalian gak bisa, bisalah kalian itu malu, keluarkan harta 200 ribu suruh orang ngajari kalian seharian agar bisa gambar itu.. bukan malah marah atau alasan lain..

Tidak mudah untuk menjadikan harta itu sebuah alat bukan hasil, butuh banyak renungan agar mampu menjadikan harta itu hanya sebuah alat, renungkan ini lur..! hidup di indonedia ini kamu bisa bebas dari harta butuh 400 milyar simpanan, selama kmu tidak mampu memiliki paling sedikit 400 milyar,  kamu tidak bisa disebut orang yg mampu.. pilihan ada ditanganmu kamu ingin  disebut mampu sebab harta 400 milyar keatas, atau kamu mampu sebab memiliki keahlian2 sendiri, pikirkan dengan matang.. jika kamu merasa tidak akan mampu memiliki harta 400 milyar keatas, gunakan hartamu utuk mengejar kemampuan2 diri, sehingga bisa memiliki keahlian2 tertentu..

 Hitungan 400 milyar itu sebelum corona lur, tahun 2026 ini coba hitung sendiri,   sebab itu cuma buat acuan disebut orang mampu..
 Hal2 seperti finasial ini diluar diajarkan saat masih sd, ditempat kita tidak ada pelajaranya,   sehingga cita2 itu hanya omong kosong sebab tidak bisa diagendakan untuk dicapai dan menjadikan tidak bisa berfikiran luas, tidak bisa bedakan mana orang mampu dan mana orang kaya,       melahirkan kecilnya hati saat melihat orang yg agak memiliki harta..
Sampai disini paham lur....???   
Kenapa butuh 400M bisa disebut mampu lur..???
Gini lur, dengan kalian memiliki 400M kalian tanpa kerja cuma makan bunganya saja sudah cukup, tapi jika dibawah 400m, belum bisa, singkatnya begitu, atau bahasa kerennya jika kalian punya 400m kalian sudah bebas finasial...
Dengan punya 400m susah untuk disumpahin jadi miskin,tapi jka dibawah itu mudah utuk disumpahi miskin..
Punya 400m bunga perbulan diatas 50jt dibawzh 100jt.. ini disebut mampu.. yg disebut kaya bunga perbulan itu 100jt sampai 200jt Tabungan biasa lur, paling cuma 2M/ thun belum dipotong pajak...
 Kuterangkan hal ini bukan utuk mengecilkan hati, tapi untuk kalian bisa menggunakan harta sebagai alat bukan hasil sebab suatu hal yang gak mungkin bisa bebas finansial atau mencapai 400M.. kalau hanya harta cuma jutaan bagus untuk kejar kemampuan diri..
Dari pelajaran hal ini juga aku gak  memandang drajat pangkat maupun harta, mau kamu disebut berpangkat, terhormat jika hartamu cuma dibawah 100M, kuludahi bisa jadi kere dadakan... keahlian ini yg harus kalian kuasai..!

Kukasih tahu ya lur.. disini gak cuma orang belajar sama aku itu hal2 spritual, tidak sedikit yabg belajar menghitung borongan, dari borongan rumah, ngecor jalan, ngecat mobil dllnya..

Jika kalian masih kerja sama orng, jujurlah sama majikanmu, jangan sekali2 berbohong atau mengambil barang majikanmu tanpa ijin, sebab jika kalian melanggar ini yang kalian miliki tidak akan berkah..
Aku tidak melarang kalian berbohong apa mencuri, tapi jangan berbohong sama mencuri orang yang memberimu dan keluargamu makan...
Andai tidak cocok..Cari juragan lain to lur jika tidak cocok, jangan sampai merusak priuk nasi..

Semakin kamu menguasai spritual semakin kamu menghabiskan harta...  pernah anggota kwi bertanya padaku, mbah nguasai tan keno loro lan pati butuh berapa lama..? Ku jawab, 5 tahun, tapi siapkan uang 10 M.., ku gembleng langsung...

Sesayang sayangnya kalian sama harta, takut menggunakannya dia tetap akan pergi saat dia sudah tidak mau sama kalian.. hasilmu hanya harta yang kamu dapatkan hari ini, harta yang lainnya  itu alatmu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Asal Bumi

KITAB SANGKAN PARAN