Bab GUSTI (Ulasan)

★Seri E S
Seri Wejangan Jawa

"GUSTI" 
Siapakah gusti itu..?  Gusti hanyalah sebuah kata nama karangan wong jowo,buat menandai sesuatu yg tk terkira dan tak terhingga,jika kalian menganggap gusti itu sesuatu yg berkuasa,sang pencipta,dllnya itu tak benar,jika kalian tau dasar2nya gusti,mau kalian ganti nama X apa Y tdk masalah,gusti itu berarti kang moho wingit,jika ada yg bilang gusti itu maha suci,hidup itu dari gusti,gusti itu maha kuasa dan wenang,itu namanya MURANG TOTO NUNGKAK KROMO JENENG GUSTI, JER GUSTI IKU TAN KINIRO TAN KINOYO NGOPO,BEDO KARO KANG ONO,UDU IKI UGO UDU KUWI, kembalilah keajaran yg murni,jangan hobi nunjuk2 gusti itu yg gini dan gitu,juga jangan menyamakan gusti dengan barang baru.,

Gusti ora tau miloro kawulane neng kawulane sek miloro awake dewe.. Miloro ae gak tau po yo waras/sehat  iku sek ngenei gusti ..?  Po yo urip mati iku sek ngenei gusti .,?
Jangan sedikit2 bilang itu sbb gusti,itu karna gusti,sbb akan membuatmu terbatasi,sedang ilmu itu tak terbatas,gimana kalian bisa jadi ilmuwan jika kalian batasi,ilmuwan saja susah kalian raih gimana bisa jadi wong jowo..?

" GUSTI BUKAN UNTUK DIPIKIRKAN,BUKAN PULA UNTUK DICARI,JADI KERJAAN YG SIA2 JIKA MIKIR DAN MENCARI GUSTI".

Gak usah diterka2 kita ada hubunganya sama gusti,saat kalian bisa membuat bumi.bulan matahari dan planet2 laiin,kalian baru paham yg dinamakan gusti,kalian akan mengerti kenapa dinamakan kang moho wingit.,

Bikin hidup memberi hidup bagi ajaran wong jowo itu hal sepele,itu baru dasar2 yg dikuasai wong jowo,dimana diajarkan lewat tembang mijil salah satunya.. Bukan sedikit contoh orang yg bisa menghidupkan orang mati,jadi lupakan jika hidup itu dari gusti..

Dinusantara gusti banyak arti tapi yang ada kitap ajaranya cuma 3,
1. GUSTI ; yg berarti guru sejati karya candu sekti,
2. GUSTI ; gumilange urip .. Ilang dlm layang djajabaya.,
3. GUSTI ; kang moho wingit karya wong jowo..

Nb: baca KITAB GUSTI


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KITAB SEMAR

Sang Hyang dan Dewa

KITAB SASTROCHETHO WADININGRAT