Kasta

Girisa

Kasta = Dari sudut pandang sempit adanya kasta tidak bagus, tapi dari sudut pandang luas kasta bagus dipergunakan tanpa sekat, adanya kasta jaman dulu buat menyaring orang2 menurut keahlianya, seorang rakyat biasa bisa jadi brahmana ataupun kesatria sesuai kemampuanya, dan hukumpun diperketat tidak hanya orang2 yang punya keahlian2 yang boleh mengajar sesuai keahlianya, seorang pedagang tidak akan diijinkan mengajar hal kebatinan, sebab itu bukan keahlianya dllnya...
semakin lama aturan kasta semakin banyak juga yang bermain sehingga menjadikan susah mendapatkan kasta sesuai keahlianya...

Kasta tidak didapat dari lahir, tapi kasta didapat dengan usaha, kasta tidak bisa diturunkan, anak brahmana dia tdk akan membawa kasta bapaknya, bahkan anak raja belum tentu dia jadi raja, jika dia tidak lulus dalam seleksi raja, disinilah ada sebutan brawijaya, yaitu  "rakyat biasa yang berjaya/jadi raja.."

mungkin selama ini kalian berpikir adanya kasta itu buruk, dengan sttsku ini pandangan kalian akan berbeda... mungkin ada juga yang berpikiran aku memihak ajaran hindu, semua itu terserah kalian aku hanya bicara apa adanya..

kasta dan trah berbeda, trah brahmana belum tentu memiliki kasta brahmana semua sesuai dengan kemampuanya.. 

Dijaman sang hyang kasta apapun bisa dimiliki siapa saja asal memang punya kemampuan menggapai itu, dari sini kenapa tidak ada trah sang hyang, sbb para sang hyang paham meski bukan trah bisa jadi dulunya malah saudara, bahkan dia juga..

kerajaan sriwijaya termasuk yang memakai kasta, dia megah dan menjadi kerajaan terlama bertahan hingga seribu tahun lebih, tapi hancur juga sbb kasta yang salah digunakan.. kerajaan sriwijaya tersebar dimana2 sbb bukan dari garis trah..

Untuk Diskusi dan Pertanyaan klik  Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KITAB SEMAR

Sang Hyang dan Dewa

KITAB SASTROCHETHO WADININGRAT