Ajaran Wong Jowo

Gede Jembayat

AJARAN ROSO JATI iku udu AJARAN e  WONG JOWO
jo maneh kok muk BAB BUDI,
arep iku BUDI LUHUR po BUDI PEKERTI yo udu AJARAN e WONG JOWO,
yen awak dewe  reti dununge BUDI ro ROSO ki nangdi....?
Lan sek dunungi BUDI lan ROSO ki opo?
bakal paham
ngopo WONG JOWO gk gunake BUDI ro ROSO, 
BUDI PEKERTI,
BUDI LUHUR,
BUDI DHARMA lan liyo liyo ne .
mergo BUDI/AKAL ki jahanam,
akeh eleke katimbang di gae apike ,makane WONG JOWO gak gunake BUDI. SEBAB ngribeti ngribeti Neng LAKU lan mlaku.
pelajari maneh nganti weruh ameruhi

WONG JOWO tidak mengajar kan BUDI.entah itu
BUDI luhur
BUDI PEKERTI dan
BUDI DHARMA DAN lainya.

BUDI melahirkan BUDAYA
BUDAYA melahirkan AGAMA
Tak akan ada AGAMA jika tak ada BUDAYA
Tak akan ada BUDAYA jika tak ada BUDI

BUDI = AKAL
AKAL hasil dari PIKER , HATI dan NAFSU.
AKAL itu kata  baru ,
sebelum ada kata AKAL
Semua nya di sebutnya BUDI.

Dijaman sekarang AKAL hanya dimiliki syaraf PIKIR.
tapi ketahuilah......!!!!!!!

HATI juga bisa melahirkan AKAL
NAFSU juga bisa melahirkan AKAL
Contoh:
Saat HATI berpikir  disebut BUDI atau AKAL
DAN akan melahirkan CIPTA
saat NAFSU berpikir ini juga di sebut BUDI/AKAL
DAN akan melahirkan apa..?
Begitu juga saat PIKIR berpikir disebut juga BUDI/AKAL
DAN akan melahirkan apa..?

BUDAYA berasal dari BUDI/AKAL perorangan atau suatu kelompok.
Kebudayaan ialah dari AKAL/BUDI kalayak umum.
BUDAYA dan kebudayaan akan tersingkir dengan perjalanan waktu di ganti dengan yg baru.
Kegunaan BUDAYA atau kebudayaan garis besarnya hanya untuk mengetahui SEJARAH SEJARAH yg telah lewat.

Orang ber AGAMA dia tak akan tau BUDI.
Orang ber BUDI tak akan ber AGAMA.
Buat SADAR kan orang ber AGAMA  ajari dia menggunakan BUDI nya.
dijamin ayat nya jadi sampah semua...!!!

WONG JOWO tidak memakai AKAL/BUDI jadi tk ada BUDAYA .
Akan tetapi WONG JOWO menggunakan KESADARAN.
Salah satu contoh KESADARAN yaitu GOTONG ROYONG
GOTONG ROYONG itu lahir dari KESADARAN .
Saat GOTONG ROYONG sudah tidak lagi datang dari KESADARAN
tapi dari BUDI/AKAL ITU NAMA NYA BUKAN KESADARAN
Jadinya kalian tengok sendiri
akan kurangnya persatuan

BUDI SELALU MENYAKITI
INGIN DI AKUI
INGIN DI PUJA
DAN INGIN DI PUJI

EGO ki perlu
AMBISI yo luweh perlu
ngopo dikikes.
kudu ne didalan ke ae EGO ne  lan AMBISI ne iku  mergo SIH,
ojo di dalan ke mergo
ROSO, NGRUMONGSO, NGROSO

SIH itu KESADARAN,
WELAS ASIH hanya salah satu hasil dari KESADARAN,
makanya jarang orang bisa mlakukan WELAS ASIH ,
sbb WELAS ASIH yg dia lakukan sekarang itu datang nya dri PANCA INDRA dan ASTENDRIO atau dari ROSO,
bukan dari KESADARAN / SIH

KESADARAN ono AWAL lan ono AKHIR,
mangerti
kapan ngawali URIP
kapan ngakhiri URIP,
kapan migunake URIP
kapan gunake PATI,
awak dewe iku ijeh hurung tekan bab KESADARAN butuh 3 tingkatan maneh tekan KESADARAN..

KESADARAN itu tingkat DASAR bagi AJARAN WONG JOWO,
KESADARAN bukan tingkat tinggi,
masih ada 4 tingkat diatas KESADARAN,KESADARAN hanya dimiliki
ORANG setingkat BUDHA ,
Dan BUDHA akan bisa naik lagi tingkatanya ,
jika  benar menguasai KESADARAN  , KITA akan SADAR tak akan bersyair terus,semua itu ada DASAR nya,
dan orang yg mengerti KESADARAN dan sudah paham setingkat KESADARAN  dia  hanya nengok bekas telapak kakinya.

Kukasih tau ciri ciri orang yg punya KESADARAN (bukan berarti menguassai)
ciri cirinya .....?
setiap perkataanya/wedaran  di ikut sertakan contoh,
jadi bisa jelas yg menerimanya,
bukan bersyair yg membuat bingung orang
karena baru punya KESADARAN belum menguasai KESADARAN,
contoh  yang baru punya KESADARAN bisa ada kelemahan,
beda yg kalau SUDAH menguasai
cntohnya tk ada kelemahanya.

Hilangkanlah faham jka tak ada RUH kita tidak hidup,sebab itu paham yg ngawur,
sbb sebelum kita ada RUH kita sudah hidup, dan di AJARAN WONG JOWO ada KIDUNG  MEGAT RUH,
MENGUASAI URIP tanpo RUH.
Dari salah pengertian hal ini akan salah semua pengetahuan dan kaweruhnya..

Tembang MEGAT RUH,
mengajarkan kita berpisah dengan berhala berhala ,
Yang di maksud berhala berhala yaitu dengan RUH RUH dan JIWA JIWA penumpang.
mau itu RUH idolfi itu tetap berhala yg harus dipisah,
sbb menghalangi kita buat MANUNGGALING SEJATI ne TUNGGAL,DAN membuat KITA tak bisa JUMENENG KLAWAN PIAMBAK,
bagi penyembah penyembah ,pemuja pemuja RUH,
sadarilah.......
RUH ialah DOYO ,  tapi tidak semua DOYO bisa dibilang RUH,
dia lebih lembut dari API,
dinusantara ini jarang orang yg bisa melihat API dengan mata kasar,
API sebenar NYA tdk berujud, dia berujud sbb sudah menempati sesuatu, RUH lebih lembut dari itu, jika KITA belum bisa melihat ujud sebenarnya api jangan ingin tau tentang RUH , bisa salah anggapan nanti....
WEDAR SABDO SANGKING
LEMURIA TERAKHIR
PUPUT PUSER PANCER
GIRI PALGUNO JATI
NYI SUKETI
KI SAMPAR ANGIN
SABIRU
MEGATRUH
GIRISA

PAGUYUBAN KUMAMBANGE WATU ITEM
14-03-2018

Untuk Diskusi dan Pertanyaan klik  Disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KITAB SEMAR

Sang Hyang dan Dewa

KITAB SASTROCHETHO WADININGRAT